Tourist knows Yogyakarta Indonesia

Top reviews

Sunday, August 10, 2014

Ribuan Anak dan Pemuda Tampilkan Sendratari

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ribuan anak hingga pemuda Katolik yang tergabung dalam Orang Muda Katolik (OMK) Kulonprogo berpartisipasi dalam Festival Kesenian Tradisional VI di Lapangan Pengasih, Minggu (10/8/2014). Mereka berasal dari OMK Promasan, OMK Boro, OMK Nanggulan, OMK Wates, OMK Bonoharjo, OMK Brosot, OMK Bedono Ambarawa, dan Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja. Acara yang mengangkat tema Kridhaning Titah, Dadya Srananing Berkah ini menampilkan sendratari kolosal yang dikemas dalam beragam cerita.



Koordinator Panitia FKT OMK VI Timotius Tri Yogatama menuturkan proses persiapan kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan dan makna dari tema yang dimunculkan kali ini untuk mengajak manusia merefleksikan kembali anugerah kehidupan yang telah diberikan Tuhan dan sebagai ciptaan-Nya sudah seharusnya manusia menjadi berkah dan berguna bagi seluruh aspek kehidupan.



"Nilai yang hendak dicapai dalam FKT kali ini adalah melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal kepada anak-anak, remaja, dan orangtua serta mengembangkan fungsi gerejayang semakin relevan dan siginifikan di masyarakat melalui aktualisasi dalam kebudayaan tradisional,s erta menjalin keeratan hubungan interpersonal dalam membangun komunitas dan jaringan OMK di Kulonprogo," paparnya di sela-sela acara.



Setidaknya terdapat delapan cerita yang dibawakan dalam sendratari dari berbagai OMK, antara lain,Satriya Jati Hutomo, Parikesit, Puspaning Jati, Gumregah, Nyanyi Hidup Sang Kumbakarna, Babat Alas Wisamarta, Reketeg Pring, danSound of Archipelago. Selain itu, imbuh dia, OMK Promasan juga akan menampilkan upacara adattedhak siten.



Dipaparkannya, perbedaan paling kentara dari tahun ke tahun adalah tema yang diangkat. Pada FKT yang pertama, misalnya, mengajak orang untuk mengenal dan melestarikan budaya. Sementara, pada tahun-tahun berikutnya, tema yang diambil mengajak orang untuk mengimplementasikan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari.



Editor: Mediani Dyah Natalia
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Breaking News

Wikipedia

Search results