Tourist knows Yogyakarta Indonesia

Top reviews

Saturday, August 29, 2015

Pemasaran Online, Jangkauan Lebih Luas

KULONPROGO ( KRjogja.com)- Penguasaan pemasaran online bagi usaha

mikro kecil dan menengah (UMKM) akan dapat bersaing dan meningkatkan

nilai jual, karena jangkauan pasar lebih luas bahkan menjangkau luar

daerah. Dengan teknologi informasi, produk akan diakses jutaan orang,

seperti dengan Facebook. Sedangkan penjualan secara konvensional tidak

dapat memperoleh hasil maksimal.



"Pelatihan pemasaran online sangat penting diberikan kepada para

pelaku UMKM untuk mengangkat daya saing dan nilai jual produk UMKM.

Sebab, selama ini UMKM di Kulonprogo masih sangat minim memanfaatkan

teknologi informasi untuk pemasarannya," kata Dosen Sekolah Vokasi

Diploma Ekonomika dan Bisnis UGM Bahroel Fauzi Rosidi saat

menyampaikan materi workshop pemasaran melalui online atau internet

yang diadakan Dinas Koperasi dan UKM Kulonprogo bagi UMKM di RM

Kampung Rasa, Kamis (27/08/2015).

Sekitar 30 pelaku UMKM mendapat kesempatan menguasai teknis pemasaran

produk melalui jejaring sosial seperti Facebook. Pelatihan ini

diadakan dalam upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).



"Terlebih lagi dalam menghadapi pasar bebas Asean, pelaku usaha

Indonesia harus kuat dan tidak hanya sebagai penonton," katanya sambil

menambahkan peran pemerintah dibutuhkan, sebab UMKM tidak bisa jalan

sendiri.



Siti Rupingah pelaku usaha UMKM dari KWT Sari Jampi Salah menuturkan,

pelatihan pemasaran produk melalui internet penting, karena UMKM belum

banyak yang mendapat pengetahuan tentang bisnis online. "Kelompok kami

sudah memanfaatkan pemasaran online, tapi belum optimal. Selama ini

pemasaran online dikelola anggota yang relatih lebih muda, sedangkan

saya lebih fokus pada produksinya," kata Siti.(Wid)



Lihat arsip:

http://kwkp.blogspot.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Archive

Breaking News

Wikipedia

Search results